August 18, 2019
  • 1:03 am KEMERDEKAAN BERTANGGUNGJAWAB
  • 12:32 am KEUTUHAN CINTA PERKAWINAN
  • 12:20 am MENGAMPUNI MENJADIKAN MANUSIA ITU MULIA
  • 4:19 pm TEGURLAH DI BAWAH EMPAT MATA
  • 12:56 am

 

“BERBAHAGIALAH KAMU…..
CELAKALAH KAMU”
Luk 6:20-26

Yesus dalam bacaan hari ini menyampaikan kepada murid-muridNya “Ucapan Bahagia”. Yesus memuji para muridNya dengan ungkapan “berbahagialah kamu”. Berbahagialah kamu yang miskin, yang sekarang ini lapar, yang sekarang ini menangis, jika orang mengucilkan kamu, mencela dan menolak kamu karena Anak Manusia, berbahagialah kamu karena upah mu besar di surga.
Di samping ucapan bahagia, Yesus juga memperingatkan para muridNya dengan ucapan “Celakalah”. Celakalah kamu yang: yang kaya, yang sekarang ini kenyang, yang sekarang ini tertawa, yang semua orang memuji-mujinya.
Menarik bahwa ucapan Yesus ini adalah peringatan dan sekaligus tuntutan bagi para muidNya dalam mengikuti Dia.
Hal ini disampaikan Yesus sendiri dengan kalimat akhirnya yakni “karena secara demikian juga nenek moyang mereka telah memperlakukan nabi-nabi palsu.
Di satu sisi Yesus mau mengubah sebuah pola iman yang salah yang telah dilakukan oleh nenek moyang dahulu yang telah menjadi turunan yang dianggap benar, sekaligus Yesus menekankan bahwa dirinya adalah Pribadi yang datang untuk menyempurnakan semua hukum dan kebiasaan. Yesus mau agar para muridNya membangun iman pada sebuah kebenaran dan bukan berdasarkan kebiasaan yang salah.
Untuk bisa berbahagia di hadapan Allah, manusia harus membangun diri dan membangun imannya pada sebuah ketulusan hati dalam melaksanakan semua ajaran iman. Yesus menuntut kita jaman ini untuk membuat transformasi iman menuju pada kebenaran di hadapan Allah.
Dan jika kita tidak melaksanakan ajaran iman yang benar dihadapan Allah maka kita akan digolongkan dalam satu kelompok yakni “orang-orang celaka”. Hal yang kurang dihadapan Allah karena melaksanakan iman yang benar adalah sebuah rahmat. Dan hal yang lebih yang hanya mementingkan hal duniawi adalah sebuah malapetaka.

Selamat pagi
Tuhan Memberkati

Komsos-KL

komsoslarantuka

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT