March 19, 2019
  • 10:11 pm HAMBA TUHAN YANG SETIA
  • 1:18 am YANG MENABUR BANYAK, AKAN MENUAI BANYAK
  • 5:45 pm ‘INILAH ANAK YANG KU KASIHI, DENGARKAN DIA”
  • 2:57 pm SEMPURNA SEPERTI BAPA
  • 4:00 pm PERGILAH BERDAMAI DAHULU DENGAN SAUDARAMU

Temu Akbar Orang Muda Katolik (OMK) III Keuskupan Larantuka secara resmi dibuka hari ini (23/10/2018). 48 paroki se-Keuskupan Larantuka, minus Paroki Waikomo-Lembata, kembali digelar memecah kesibukan harian masyarakat dan umat kota Larantuka. Persiapan yang telah dilakukan selama berbula-bulan, akhirnya tiba juga. Waktu yang dinanti-nanti menjadi sebuah moment bersejarah yang tercatat dalam sejarah perjalanan OMK Keuskupan Larantuka hari ini kembali dilukis.
Di bawah terik matahari Kota Larantuka, para panitia dan LO bergegas menuju Pelabuhan Larantuka. Laut Flores nampak tenang seakan bersahabat namun panasnya matahari nampak begitu menyengat. Hiruk-pikuk kendaraan dan manusia di pelabuhan begitu ramainya. Namun senyum sumringah tetap terpancar dari wajah-wajah orang muda yang tergabung dalam kepanitian menyambut saudara-saudara mereka dari wilayah Solor, dekenat Adonara dan dekenat Lembata.
Tepat pukul 8.30 rombongan dari Solor tiba di Pelabuhan Larantuka. Rombongan OMK asal Nusa Cendana-Solor diterima dan diarak menuju pelataran Gereja Katedral Larantuka. Dengan berjalan kaki dan dalam semangat orang muda semua berparade menuju venue utama pelataran Gereja Katedral Larantuka. Yel-yel sukacita setiap paroki memecah susana diteriknya matahari yang menyengat tubuh. Panitia dan LO memandu peserta dengan selalu berada bersama dan mendampingi setiap peserta hingga memasuki venue utama. Di Pelataran gereja Katedral Larantuka sudah siap pasukan pagar betis OMK Katedral dan semua penjemput OMK paroki se-dekenat Larantuka. Peserta disambut meriah diantar menuju ke dalam Gereja Katedral dan langsung memulai kegiatan dengan doa syukur bersama. Inilah ungkapan sukacita sesama OMK menjadikan semua sebagai sahabat.
Setengah jam kemudian rombongan dari Dekenat Adonara tiba. Sambil mengusung Salib Orang Muda, yang pada Temu OMK sebelumnya Dekenat Adonara yakni Paroki Witihama menjadi tuan rumah. Dalam semangat OMK yang masih membekas di Pekan OMK sebelumnya, OMK Witihama melantunkan Yel-Yel nya OMK Witihama, “makin mantap, makin oke, maju bersama”
Ketika jadwal motor siang bersandar di pelabuhan Larantuka, semua LO dan Panitia, kembali bergerak menuju pelabuhan menyambut sesama OMK dari Dekenat Lembata. Dengan suasana batin dan acara yang sama, rombongan OMK Lomblen (Lembata) disambut.
Sesudah acara penjemputan, peserta langsung menuju ke paroki tempat Iive in di semua paroki sedekenat Larantuka. Selanjutnya hingga 3 hari ke depan, semua kegiatan pekan terjadi di paroki tempat live in.
Belajar dari kisah sengsara Yesus yang rela disiksa oleh para algojo.kaum muda katolik tak sedikitpun mengeluh dengan panasnya terik matahari yang menampar wajah. Dengan penuh sukacita dan kegembiraan Salib Yesus yang turut merasakan hawa panas Pelabuhan Larantuka.
Dari cerita singkat tentang penjemputan rombongan Orang Muda Katolik, (selanjunya rombongan dari Dekenat Lembata pun dijemput dengan cara yang sama. Kaum muda secara tidak langsung menempatkan Yesus sebagai Tokoh Utama dan teladan hidup beriman di dunia yang semakin maju dan memporak-porandakan hidup iman kaum muda Katolik. Jika Yesus saja rela merasakan teriknya panas matahari, mengapa orang muda tidak?
Kisah hari ini adalah peristiwa iman. Peristiwa iman bagi kau muda, bahwa bersama Yesus ada sukacita. Ada kegembiran. Hidup memang berhaadapan dengan berbagai tantangan, namun bagaimana kaum muda bisa menempa diri, pribadi dan karakter kekatolikan yang kuat, berani dan rela berkorban. Semangat missioner akan tumbuh dengan sendirinya. Dengan berlive-in, semangat misioner akan menjadi matang secara perlahan. Kaum muda akan mengenal hidup dan kehidupan sesungguhnya yang dialami umat manusia dewasa ini.dengannya, kaum muda bisa belajar bagaimana beriman di bawah Matahari.
                                    Demikianlah pantauan cru Media Center TemuAkbar OMK II KL
                                                                          =Ronald=

komsoslarantuka

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT