Temu Akbar Orang Muda Katolik Keuskupan Larantuka resmi dimulai. Ajang berkumpulnya Orang Muda Katolik empat tahunan ini diawali dengan penjemputan peserta yang datang dari Dekenat Lembata, Dekenat Adonara dan paroki-paroki di Dekenat Larantuka di Pelabuhan Larantuka dan halaman Gereja Katedral Reinha Rosari-Larantuka. Utusan tiap-tiap paroki yang telah hadir, oleh panitia, langsung diarahkan menuju Gereja Katedral Reinha Rosari-Larantuka. Di sana para peserta diberi kesempatan berdoa mensyukuri perlindungan Tuhan selama perjalanan mereka sebelum melakukan check in dan her-registrasi di meja panitia. Setelah makan siang, para peserta langsung dihantar menuju paroki-paroki tempat mereka Live In, tinggal bersama umat selama dua hari.

Ajang Temu Akbar Orang Muda Katolik (OMK) Keuskupan Larantuka III adalah perjumpaan Orang Muda Katolik yang diadakan setiap 4 tahun. Temu Akbar Orang Muda Katolik (OMK) pertama kali diadakan pada tahun 2009 di Dekenat Lembata dan yang kedua terjadi di Dekenat Adonara pada Tahun 2013. Temu Akbar OMK Keuskupan Larantuka III akan diselenggarakan di Dekenat Larantuka, pada tanggal 22 – 29 Oktober 2018.

RD. Edy Saban, Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Larantuka menuturkan bahwa Temu Akbar OMK ini merupakan cara agar OMK se-Keuskupan Larantuka mengalami katekese iman yang sehat, perjumpaan yang meneguhkan, serta kreativitas evangelisasi sebagai upaya pembentukan kharakter Orang Muda Katolik yang berkualitas imani. “Orang Muda Katolik sebagai bagian dari Gereja, diharapkan mampu menjadi agen-agen transformasi nilai menuju kehidupan masyarakat yang semakin bermartabat, adil dan sejahtera. Mereka diharapkan memiliki kesempatan yang besar bagi masa depan Gereja dan bangsa Indonesia yang lebih baik,” tandas Imam Muda Keuskupan Larantuka ini.

Temu Akbar OMK Keuskupan Larantuka III hadir dengan tema, MENJADI SAHABAT: BERBAGI SUKACITA INJIL”, mendorong Gereja di Keuskupan Larantuka agar menemani OMK melangkah secara mantap menuju masa depan Gereja dan Bangsa. Salah satu bentuk perhatian Gereja terhadap pembentukan karakter OMK adalah lewat penyelenggaraan Temu Akbar OMK, yang mana menjadi kesempatan bagi orang muda untuk berjumpa satu sama lain dan merefleksikan kehidupan imannya dalam semangat persaudaraan. Dalam perjumpaan tersebut, OMK dikondisikan untuk dapat melakukan syaring iman yang saling meneguhkan. Melalui syaring iman itu Orang Muda Katolik diharapkan dapat memperoleh inspirasi dan keberanian untuk menghayati ajaran Kristus dalam hidup harian mereka tanpa terjebak dalam semangat fundamentalisme, radikalisme dan terorisme. Perjumpaan ini merupakan peluang untuk membuka perspektif OMK agar menjadi lebih luas dan terbuka terhadap kekayaan iman yang bertumbuh dalam keberagaman. Perjumpaan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat solidaritas, kesetiakawanan dan kerjasama dalam kesadaran iman sebagai OMK yang memiliki tanggung jawab mulia untuk menjaga kelangsungan hidup menggereja dan berbangsa yang bermartabat manusiawi.

Peserta kegiatan akan mengalami pengalaman tinggal bersama umat selama dua hari, 23 Oktober hingga 24 Oktober. Dalam kesempatan ini, peserta Temua Akbar akan berkatekese bersama umat, mengikuti pelatihan kewirausahaan dan terlibat dalam kegiatan-kegiatan umat yang lain. Misa pembukaan baru akan terlaksana pada hari Kamis, 25 Oktober 2018 di Venue Utama, pelataran Gereja Katedral Reinha Rosari-Larantuka.

                            Demikianlah pantauan cru Media Center TemuAkbar OMK III KL

                                                                  =Frano Tukan =

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *