1Raja-raja 17:+0-16,  Mrk. 12:38-44.

Pemberian seluruh diri yang total dari Janda Miskin di Sarfat yang mana Ia memenuhi permintaan nabi Elia untuk dibuatkan sebuah roti bundar, menghasilkan keadaan tepung dalam tempayan itu tak akan habis, dan minyak dalam buli-buli tak akan berkurang.” Demikian sesuai Firman Tuhan sendiri.  Demikian juga janda miskin pada zaman Yesus yang memasukkan uang dua peser, yaitu satu duit ke dalam kotak persembahan. Inilah persembahan seluruh diri, apa yang ada padanya. Dan Tuhan Yesus memuji pemberian janda miskin ini: “Sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak… Janda itu memberi dari kekuarangannya, semua yang ada padanya, seluruh dirinya.

Di samping menyoroti Situasi Janda yang memberi dari kekurangan dan seluruh dirinya, penginjil juga mengisahkan satu peristiwa lain. Yesus memberi awasan kepada Murid-muridNya untuk mengambil tempat sebagai orang terhormat dalam sebuah peristiwa besar.  Kelemahan setiap orang besar yang menjadi tokoh panutan adalah suka menyombongkan diri, suka mencari pujian, suka mencari penghormatan terhadap diri sendiri, suka mencari posisi untuk dihormati dan lebih jeleknya adalah suka memanfaatkan jabatan atau kedudukan untuk memeras.

Yesus mengingatkan para muridNya utk tidak meniru teladan buruk yang dilakonkan oleh ahli Taurat ini meskipun mereka adalah tokoh dalam masyarakat Yahudi.

Baiklah kita melihat diri, apakah kita juga memiliki sifat-sifat seperti ahli-ahli Taurat di atas yakni sombong, suka mencari pujian dan perhatian orang lain, gila hormat, menipu orang lain? Inilah kesempatan yg baik utk kita bertobat. Dan jadilah tokoh panutan yg baik bagi orang lain.

Hendaklah kita semua  terdorong untuk memberikan diri seutuhnya dalam pelayanan penuh kasih, demi kemuliaan Tuhan, dan demi berkembangnya Kerajaan Allah dan kebaikan sesama. Dengan pemberian diri seutuhnyai, segenggam cinta dalam tempayan hati kita tak akan pernah habis dan sedikit minyak kasih dalam buli-buli hati tak akan pernah kering. Di  dalam Tuhan Yesus, justru cinta dan kasih semakin bertumbuh dalam kelimpahan.

Selamat pagi

Selamat Berhari Minggu

Tuhan Memberkati

KOMSOS – KL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *