April 18, 2019
  • 12:50 am Tiga puluh keping perak
  • 2:44 am SALAH SEORANG DI ANTARA KAMU AKAN MENYERAHKAN AKU
  • 3:00 pm YESUS MENGHARGAI PERNYATAAN CINTA
  • 3:57 pm DIBERKATILAH DIA YANG DATANG DALAM NAMA TUHAN
  • 4:36 pm LEBIH BAIK SATU ORANG MATI BAGI SELURUH BANGSA

“Di manakah Raja yang baru lahir itu ? Kami telah melihat bintangnya di timur, dan kami datang untuk menyembah Dia.”
Mat. 2:1-12.

Hari ini adalah hari raya Penampakan Tuhan. Juga disebut sebagai pesta tiga raja. Tiga raja yang disebut datang untuk menyembah Yesus adalah Gaspar, Baltasar dan Melkior. Mereka membawa Emas, Dupa dan Mur.
Bagi saya tiga raja yg muncul dalam permenungan ini ada tiga tipe raja yakni tipe pertama Raja dari Timur, tipe kedua Herodes dan tipe ketiga adalah Yesus raja yang baru lahir. Yesus Raja menjadi pusat pertarungan dua kutub Kerajaan di dunia. Raja dari timur dengan kejujurannya tetap mempertahankan kebenaran, sedangkan Herodes, raja dengan keculasan dan nafsu dunianya tetap mempertahankan kekuasaan.
Kelahiran Kristus membawa sukacita besar, bukan hanya bagi Israel, melainkan juga bagi seluruh bangsa. Sukacita ini sudah diramalkan nabi Yesaya (Yes 60:1-6), bahwa cahaya Tuhan akan menyinari Yerusalem, kemuliaan Tuhan akan terbit atas Yerusalem, bangkit dan menjadi teranglah. Bangsa-bangsa akan berduyun-duyun datang kepada terang itu.” Dan sukacita bangsa-bangsa itu, diceritakan penginjil Matius (2:1-12).
Pada pesta Tiga Raja ini, kita belajar dari Tiga Raja (Gaspar, Melchior dan Baltazar), belajar ketekunan, kebijakan dan usaha yang terus-menerus untuk mencari Tuhan. Hari ini juga dirayakan Hari Anak Misioner ke- 176. Tema perayaan Hari Anak Misioner ini: “Bintang Misioner, Pancarkan Sinarmu”.

Paus Fransiskus mengajak dan mendorong kita semua, bukan hanya anak-anak untuk belajar dari tiga Majus: Ketekunan, bijak dan kesetiaan mencari dan menemukan Tuhan.

Bapa Paus juga mengajak kita semua, khususnya anak-anak untuk menjadi Bintang Misioner, yang selalu memancarkan cahaya dan menerangi orang lain.”
Hari ini secara khusus, sekelompok anak setelah diberkati akan mengunjungi semua keluarga dengan membawa berkat : Christus Mansionem Benedicat (Semoga Kristus memberkati rumah ini). Mari kita buka rumah dan hati kita untuk menerima berkat Tuhan, agar kita boleh menjadi bintang misioner yang selalu memancarkan cahaya kepada orang lain.
Bagi orang jujur Yesus itu sumber sukacita, harapan dan peneguhan yg harus dihormati, diterima dan dijadikan pedoman hidup.
Sedangkan bagi yang culas, Yesus itu mengganggu kemapanan, penghalang pemenuhan nafsu duniawi, pengganggu kuasa, sehingga Yesus harus ditolak, pengikutNya harus dilawan dan dibungkam agar tidak adanya kebenaran lagi.
Sehingga perayaan ini mengajak kita untuk harus memilih jalan kebenaran yang harus kita tempuh. Keculasan dan kerakusan harus kita singkirkan.

Selamat pagi.
Selamat hari minggu.
Salam Misioner
Tuhan Memberkati

komsoslarantuka

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT