August 18, 2019
  • 1:03 am KEMERDEKAAN BERTANGGUNGJAWAB
  • 12:32 am KEUTUHAN CINTA PERKAWINAN
  • 12:20 am MENGAMPUNI MENJADIKAN MANUSIA ITU MULIA
  • 4:19 pm TEGURLAH DI BAWAH EMPAT MATA
  • 12:56 am

“Lebih Baik satu Orang Mati Bagi seluruh Bangsa”
Yoh.11:45–56

Setelah menyaksikan mujizat yang dibuat Yesus yakni membangkitkan Lazarus, beberapa orang Yahudi dan orang Farisi serta imam kepala membangun persekongkolan untuk membunuh Yesus. Sebuah ketakutan kalau-kalau semua rakyat mengikuti Yesus. Alasan utama adalah ketakutan pada kekuasaan yang beralih tangan kepada orang Roma. Sebuah ketakutan yang tidak bealasan, hanya karena gila pada kekuasaan duniawi.
Kayafas, imam agung berdalih bahwa lebih baik satu orang mati demi seluruh bangsa. Sebuah pernyataan yang dibuat untuk mempertahankan kedudukan. Dan ini diterima dan semua sepakat untuk membunuh Yesus.
Namun hal ini telah diketahui oleh Yesus. Yesus tetap tenang menerima semuanya sebab Yeaus tahu, bahwa lewat benturan pendapat, lewat nafsu jahat, kedegilan, dendam manusia, Ia tetap menjalankan karya keselamatan. Sebua karya kasih. Dari yang jahat pun, Yesus mampu menumbuhkan yang baik. Lewat rencana jahat, membunuh dan membinasakan, Tuhan mampu membangkitkan.
Kerja sama Putera dan Bapa, menjadikan Yesus berdiri tegar melaksanakan semua rencana jahat manusia. Ia menyerahkan semuanya dalam rencana kasih Bapa-Nya. Rencana penyelamatan Allah sungguh mulia bagi manusia. Satu orang mati demi menyelamatkan seluruh manusia. Lebih muliah tujuan penyelamatan Allah dari pada tujuan rencana Kayafas yang hanya untuk mempertahankan kuasa dan kemunafikan diri.
Kita sering jatuh dalam perencanaan keselamatan demi kekuasaan, pamor, kemunafikan dan demi popularitas diri sendiri.
Mari kita mengubah tujuan mulia dalam hidup ini demi tujuan mulia kepada Bapayang menyelamatkan.

Selamat pagi.
Tuhan memberkati.

komsoslarantuka

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT