August 18, 2019
  • 1:03 am KEMERDEKAAN BERTANGGUNGJAWAB
  • 12:32 am KEUTUHAN CINTA PERKAWINAN
  • 12:20 am MENGAMPUNI MENJADIKAN MANUSIA ITU MULIA
  • 4:19 pm TEGURLAH DI BAWAH EMPAT MATA
  • 12:56 am

“Yesus menghargai pernyataan cinta”
Yoh.12:1-11

Di rumah Lazarus yang dibangkitkan oleh Yesus, Maria meminyaki kaki Yesus dengan minyak narwastu dan menyekanya dengan rambutnya. Sebuah peristiwa cinta yang dilakukan Maria terhadap Yesus sekaligus sebagia sebuah peringatan atas hari kematian Yesus. Dua tegangan inilah yang terpancar keluar dalam peristiwa ini. Di satu sisi Yesus membiarkan Maria melakukan karya cinta baktinya tanpa melihat bahwa ini sebuah pemborosan, dan sebua peristiwa kenangan akan akhir hidup Yesus. Tobat, sesal dan niat baru dalam diri Maria melalui peristiwa ini.
Dalam jawaban Yesus juga menunjukkan bahwa Yesus membandingkan diriNya dengan kaum miskin. Di sinilah Yesus menyatakan diriNya sebagai yang dekat dengan dan tidak pernah lupa akan kaum miskin dan menderita. Hidup dan karyaNya adalah keberpihakan kepada yang miskin dan menderita.
Yesus juga menyatakan bahwa diriNya sebagai Putra Allah Yang Menjelmah lebih berharga dari segala. Minyak yang mahal tidak mungkin dinilai sebanding dengan diri dan pribadiNya, maka ia menegur Yudas dengan membiarkan Maria melakukan karya cinta kasih itu kepada diriNya. Yesus sangat menghargai orang yang cinta kepadaNya. Yesus sangat peka, penuh perasaan terima kasih kepada yang menaruh perhatian kepadaNya.
Yesus tidak penah takut pada situasi apa pun yang terjadi dalam hubungan dengan orang miskin dan menderita. Ia sangat peka tergerak untuk menyelamatkan. Dan bahkan ia tidak takut terhadap penguasa yang menghambat datangnya Kerajaan Allah. Semua ini berkonsekwensi pada nasib hidupNya yang malang, tragis dengan kematian di salib. Namun Yesus semakin berharga dengan sengsara dan kebangkitaNya bagi seluruh manusia.
Mari kita juga menunjukkan keberpihakan kita terhadap sesama yang misskin dan menderita karena dengan itu, kita semakin hari semakin berharga di mata Allah dan manusia.
Selamat pagi..
Tuhan memberkati

komsoslarantuka

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT